DKVDaily - Visual Communication Design Networks


You are not connected. Please login or register

DKVDaily - Visual Communication Design Networks » Discussion » Fotografi » Kenalan Kertas Photo sebelum Mencetak

Kenalan Kertas Photo sebelum Mencetak

View previous topic View next topic Go down  Message [Page 1 of 1]

avatar

algamerah

Support Moderator
Kenalin Kertas Photo sebelum Mencetak



"Biasanya kan kita mah cetak ya cetak aja, mau di kasih kertas yg bagus ke, mau di kasih kertas yg jelek ke ya mana gua tau.
Yang penting kan photo gua nempel di situ."

Eitss....
Masih mikir kaya gitu bra?
Hahahaa...
Tinggalin deh pemikiran kaya gitu, nah ini gua punya pencerahan yg kece badai...
Yuks di simak..



Ada beberapa jenis kertas photo printing yang banyak beredar dipasaran, diantaranya :



Canvas Paper


Jenis kertas ini jika kita gunakan untuk mencetak photo akan menghasilkan cetakan dengan sentuhan canvas layaknya sebuah lukisan. Hasil akhir cetakan akan menampilkan photo yang persis dengan kertas canvas.


Glossy Photo Paper / Glanz Paper

Bahan glossy memiliki permukaan yang halus dan memantulkan lebih banyak cahaya yang membuatnya terlihat mengkilap. Tapi jenis kertas foto ini cenderung mudah lengket, rawan gores dan berbekas sidik jari. Kertas ini merupakan jenis standar cetak photo. Dengan jenis kertas yang mengkilap dan putih mampu menghasilkan cetakan yang cemerlang. Dapat digunakan untuk photo resolusi tinggi dan harga kertas yang relatif murah (standar cetak photo).


Premium Glossy Photo Paper

Kertas jenis ini biasa disebut oleh para penggunanya dengan sebutan high glossy, kertas jenis ini mampu menghasilkan cetakan dengan efek yang lebih mengkilap. Kertas jenis ini sangat cocok untuk mengcetak photo dengan resolusi tinggi. Walaupun harga kertas ini lebih mahal tetapi jika kita gunakan, akan menghasilkan cetakan photo yang maksimal dan lebih cerah.



Sticker Glossy foto Paper


Merupakan jenis kertas foto dengan tempelan (stiker). Sering kita menjumpai pada sticker yang menampilkan foto dengan warna dasar kertas putih dan mengkilap, jenis ini sangat cocok untuk keperluan pembuatan sticker serta mampu mencetak foto beresolusi tinggi.


Mette Paper (Doff)

Memiliki permukaan lebih bertekstur dan lebih sedikit memantulkan cahaya. Jenis kertas foto ini lebih awet karena bisa dipegang tanpa takut bekas sidik jari. Jenis kertas ini sangat mudah menyerap tinta sehingga bisa dipakai untuk ngumpetin kualitas tinta dan printer sekaligus tidak memantulkan cahaya. Dilihat dari kebutuhan maka dengan Mette Paper (Doff) sangat cocok untuk foto yang akan dibingkai atau banyak dipegang-pegang karena kertas doff lebih awet dan tidak lengket.


Double-Side Paper

Jenis kertas ini mampu digunakan untuk mencetak photo pada kedua sisinya (depan dan belakang). Kualitas photo yang dihasilkan juga cukup bagus, tidak terlalu mengkilap dan cenderung doff. Jenis kertas ini cocok digunakan untuk mencetak pamflet maupun brosur yang biasanya digunakan untuk sarana promosi, sehingga para konsumen dapat melihat di kedua sisinya.


Laster Photo Paper

Laster photo paper biasanya digunakan untuk keperluan dokumenter karena jenis kertas ini sangat awet bahkan bisa bertahan hingga puluhan tahun, tidak mudah pudar, mampu menghasilkan efek doff, dan sangat cocok untuk photo dengan resolusi tinggi. Permukaan kertas yang mirip kulit jeruk adalah ciri khas untuk membedakan dengan jenis kertas lain. Ketahanan hasil cetakan membuat para konsumen puas, mungkin jenis ini bisa menjadi pertimbangan jika kita ingin serius di dunia digital photo printing.


Inkjet Paper

Kertas ini kurang cocok untuk keperluan digital photo printing, jenis kerta inkjet ini biasanya digunakan untuk keperluan grafis, seperti mencetak sketsa gambar, proof arsitektur rumah, grafik bar, dan sebagainya. Kualitas kertasnya lebih bagus dari jenis HVS karena serapan pada tinta lebih bagus dan cepat kering.


Sublim Paper

Kertas jenis ini bukan digunakan untuk mencetak photo sebagai pajangan dirumah, didompet atau untuk dibingkai tetapi kertas ini digunakan sebagai mediator (media perantara) transfer gambar ke t-shirt (kaos). Jadi bila kita ingin sebuah gambar dipindahkannya ke t-shirt (kaos) maka gunakanlah jenis Sublim Paper karena kertas ini mampu memindahkan tinta dengan maksimal ke t-shirt.




Itulah jenis-jenis kertas foto yang banyak beredar dipasaran, tetapi sebenarnya masih banyak jenis lainnya. Jenis yang sudah dijelaskan adalah yang paling mudah untuk ditemukan disekitar kita. Kemampuan kita sangat mempengaruhi hasil akhir cetakan, namun dengan mengenal jenis kertas tentunya juga lebih memudahkan kita menyesuaikan dengan keperluan cetaknya.

"Saat ini umumnya foto dicetak terutama untuk ukuran besar dengan printer / ploter diatas Premium Photo Paper. Untuk finishing-nya, foto biasanya di-Laminasi dengan lapisan anti gores."


Sumber



Last edited by algamerah on 12/29/2015, 11:52; edited 1 time in total

View user profile
avatar

bangazen

Intermediate
ane lebih suka Doff bra haha setiap nyetak mintanya kertas itu terus Why Raccoon Yes Raccoon

View user profile http://bangazen.com
avatar

algamerah

Support Moderator
@bangazen wrote:ane lebih suka Doff bra haha setiap nyetak mintanya kertas itu terus Why Raccoon Yes Raccoon

Yoi bra biar tahan lama sama gak begitu mencilak..
Wkwkwk

View user profile
avatar

bangazen

Intermediate
@algamerah wrote:
@bangazen wrote:ane lebih suka Doff bra haha setiap nyetak mintanya kertas itu terus Why Raccoon Yes Raccoon

Yoi bra biar tahan lama sama gak begitu mencilak..
Wkwkwk

yap haha Sport Dance Raccoon

View user profile http://bangazen.com
wow ane baru tahu nih Cool

View user profile

Sponsored content

View previous topic View next topic Back to top  Message [Page 1 of 1]

Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum