DKVDaily - Visual Communication Design Networks


You are not connected. Please login or register

DKVDaily - Visual Communication Design Networks » Discussion » Acara » Memperingati 100 Tahun Maestro Lukis Terbaik Indonesia

Memperingati 100 Tahun Maestro Lukis Terbaik Indonesia

View previous topic View next topic Go down  Message [Page 1 of 1]

avatar

algamerah

Support Moderator
Memperingati 100 Tahun Maestro Lukis Terbaik Indonesia



Menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, Anies Baswedan, membuka secara resmi pameran seni lukis dan seni rupa dalam rangka 100 tahun Basoeki Abdullah di museum nasional yang bertajuk "Rayuan 100 Tahun Basoeki Abdullah". Sejumlah karya yang bernafaskan kehangatan dan keceriaan menjadi sajian utama yang akan merayu masyarakat pecinta seni dan budaya dalam rangka mengenang maestro seni lukis Indonesia yang terkenal dengan lukisan potrait dan menyukai berbagai ragam kebudayaan.


Pameran "Rayuan 100 Tahun Basoeki Abdullah" ini diselenggarakan oleh Museum Basoeki Abdullah, bekerjasama dengan Museum Nasional Indonesia dan didukung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta mendapat dukungan dari berbagai pihak instansi pemerintah, seniman ataupun kelompok masyarakat pelestari seni lukis dan stakeholder seni rupa di Indonesia. Kurator pameran ini adalah Mikke Susanto dan Bambang Asrini W.

"Konsep rayuan, bukan sekedar mampu mevisualisasikan objek atau subjek sebagai bentuk kenikmatan mata. Lebih dari itu, kami mengajak semua melakukan rayuan dengan spirit edukasi, religi, maupun sosial. Dimana akhirnya lukisan tidak saja sebagai benda artistik (ekonomis), tetapi lebih dari itu sebagai objek praktik intelektual, maupun diagnosa situasi dan kristalisasi ideologi," - Ungkap kurator Mikke Susanto.

"Tantangan Rayuan 100 Tahun Basoeki Abdullah bukan cuma menjangkau publik seni rupa Indonesia untuk merayakan kebesaran Basoeki Abdullah sebagai salah satu pelukis realis terbaik indonesia. Tantangan terbesar justru merayu generasi muda untuk mengenal Basoeki Abdullah," kata Bambang Asrini W selaku kurator.

*Kiri: Bambang Asrini W, kanan: Mikke Susanto


"Tujuan pameran ini pertama untuk kritis terhadap peran, proses kreatif dan sejarah Basoeki Abdullah. Ke dua bertujuan untuk menggali sejauh mana sesungguhnya wacana dan makna 'Rayuan' di alam pikiran para perupa, terutama pada pelukis Basoeki Abdullah. Ke tiga untuk menciptakan situasi 'Rayuan' dalam konteks kritis, agar lebih indah, memikat sekaligus berdasarkan realitas dan fakta yang terjadi sesungguhnya melalui kecerdasan," Ungkap kepala Museum Basoeki Abdullah - Joko Madsono.

Pameran yang menempati area gedung B Museum Nasional menampilkan kurang lebih 40 lukisan asli Basoeki Abdullah dan presentasi 11 karya seniman seni rupa Indonesia.







Gimana, bra? Keren kan.. Buat kalian yang ingin melihat dan merasakan lebih intim lagi karya beliau, langsung aja meluncur ke TKP! Thumb up

Lokasi: Museum Nasional, Jl. Merdeka Barat No. 12 - Jakarta Pusat
Waktu: 21 - 30 September 2015 Pukul 09.00 - 16.00 WIB

Reported by: algamerah - DKVDaily



Website: http://museumbasoekiabdullah.or.id/
Facebook: museum-basoeki-abdullah
Twitter: @Mus_BA

View user profile

View previous topic View next topic Back to top  Message [Page 1 of 1]

Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum